LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA KELAS
9
Perhatiakn
indeks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 2!
E G
Empedu
21 Ganglia 26
Endokrin
4 Getah
bening8,10,12,15,34
Enzim
19 Glatinogen 10,11
Epidermis
34,35 Glomerulus 23
Epiglotis
4 Ginjal 16,22,23
F H
Fibrinogen
11 Harversia 8
Fibrosa
22 Heterozigot 7
Folikel
35 Homeostatis 33
Fovia
26 Hormon 10,16,17
Fungsi
4,10,24
1.
Yang paling banyak memuat informasi yang terdapat dalam indeks tersebut adalah
halaman…
A. 4. B.
8. C. 10. D. 23.
2.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan indeks tersebut adalah…
A. Kata Fibrinogen
dan Glatinogen ada pada halaman
yang sama.
B. Kata yang paling banyak muncul pada
indeks buku tersebut adalah Getah Bening.
C. Kata halaman 4 buku tersebut hanya
terdapat kata Endokrin dan Epligotis.
D. kata Ginjal
lebih banyak muncul pada indeks buku tersebut daripada kata Epidermis.
Cermati penggalan dialog
interaktif berikut, kemudian kerjakan soal nomor 3 dan 4!
Oshy
D. (Moderator): Baiklah kita akan memulai dialog kita pagi hari ini. Saya ingin
bertanya pada kawan-kawan pokja. Kalau boleh tahu, tanaman jahe itu apa sih?
Irine
M.S. (pokja SIBOY): Tanaman jahe itu adalah tanaman rimpang yang digunakan
sebagai rempah-rempah pada bumbu masak dan juga dapat digunakan sebagai
alternative obat.
Oshy
D. (Moderator): Sebenarnya, ada berapa jenis tanaman jahe itu?
Khusnul
H. (pokja SIBOY): Kalau tanaman jahe itu ada tiga jenis : ada putih/jahe kuning
besar yang disebut juga jahe gajah/jahe badak. Terus ada juga jahe putih /jahe
kuning kecil yang disebut dengan jahe suntil/jahe emprit. Terus yang terakhir
jahe merah.
Oshy
D. (Moderator): Sebenarnya, apa sih manfaat jahe? Memang ada hubungannya dengan
kesehatan manusia?
Hanys
(Ahli Tanaman): Jahe itu bisa menurunkan tekanan darah terus juga bisa membantu
pencernaan dan juga mencegah gumpulan darah.
Helen
(Ahli Nutrisi): Terus jahe juga dapat mencegah mual, membuat lambung menjadi
nyaman, dan juga meningkatkan kram perut dan mengeluarkan angin.
Indriani
(Ahli Gizi): Yang saya tahu jahe juga bisa digunakan sebagai bumbu masak,
menambah nafsu makan, dan juga meperbaiki pencernaan.
Oshy
D. (Moderator): Dalam menanam jahe, ada ngga kesulitan atau hambatan dalam
menanam jahe?
Gustavia
(pokja SIBOY): Biasanya hambatanya adalah saat menanam jahe diserang penyakit
laju yang disebabkan oleh akteri Ralstonia Selanaceranum.
Oshy
D. (Moderator): Terus kalau terjadi kepunahan, apa yang biasanya dilakukan?
Gustavia
(pokja SIBOY): Kita akan menggunakan perakitan varietal lahan, metode efisien
serta materi genetik, cara yang terakhir yaitu dukungan tekhnologi.
3.
Simpulan yang sesuai dengan dialog interaktif tersebut adalah…
A. Tanaman jahe memiliki khasiat yang
sangat berguna bagi tubuh kita dan bila dapat mengolahnya menjadi makanan yang
bergizi dan sehat, kita juga akan memperoleh penghasilan yang lumayan besar.
B. Tanaman jahe merupakan tanaman jenis
rimpang yang memiliki tiga jenis, yakni jahe gajah, jahe suntil, dan jahe
merah.
C. Tanaman jahe dapat dijadikan sebagai
lahan bisnis yang utama karena ketika dipanen akan banyak menghasilkan
kentungan yang cukup menarik.
D. Memelihara tanaman jahe cukup mudah;
hanya harus diperhatikan adalah saat menanam jahe diserang oleh bakteri
Ralstonia Selanaceranum.
4. Tanggapan yang tepat sesuai dengan isis
dialog interaktif tersebut adalah…
A. Tidak ada salahnya apabila kita
menanam tumbuhan jahe disekitar rumah karena jahe memiliki banyak manfaat, baik khasiat untuk tubuh
maupun sebagai tambahan mata pencaharian.
B. Sebaiknya, kita membudidayakan
tanaman jahe untuk memenuhi kebutuhan pabrik minuman jahe instan yang cukup
menguntungkan.
C. Orang-orang yang kesehatanya menurun
dapat menggunakan tanaman jahe sebagai salah satu cara untuk meningkatkan
staminanya kembali karena tanaman jahe memiliki khasiat yang baik untuk
kesehatan.
D. Jangan sia-siakan lahan kosong yang
ada disekitar rumah karena dapat dipergunakan untuk menanam tanaman apotek
hidup, termasuk jahe.
5. Perhatiakn
kedua kutipan pusis berikut!
PUISI
1
|
PUISI
2
|
Negaraku
tercinta, Indonesia
nasibmu
kini menderita
rakyatmu
kini sengsara
pemimipin
yang tidak bijaksana
apakah
pantas memimpin Negara
yang
aman sentosa?
|
Dan
telah lama aku menanti
dan
kabarmu takkunjung hadir
hingga
akhirnya kuputuskan
untuk coba
lupakan dirimu
Saat
itulah kau kembali lagi
kau
hadir dalam kehidupanku
bersama
orang yang kau saying
yang
membuat hatiku kian terluka
|
Perbedaan pesan yang sesuai dengan kedua
kutipan puisi tersebut adalah…
PUISI
1
|
PUISI
2
|
|
A.
|
Carilah
pemimpin yang bijaksana dan mampu membuat Negara aman!
|
Lupakanlah
segala kesalahan yang dilakukan seseorang kepada kita!
|
B.
|
Pilihlah
pemimpin Negara yang tidak membuat rakyatnya menderita!
|
Janganlah
membuat orang kecewa dengan sebuah penantian yang sia-sia!
|
C.
|
Buatlah
Negara Indonesia ini lebih aman sentosa!
|
Sabarlah
menunggu kabar dari kekasih yang sangat kita sayangi!
|
D.
|
Janganlah
membuat Negara Indonesia menderita dan membuat rakyatnya sengsara!
|
Cobalah
bersabar dengan segala ujian yang telah digariskan Allah swt. Kepada kita!
|
6.
Perhatikan kalimat berikut!
Pada UN SMP 2014 yang dilaksanakan bulan
(1) mei (2) kemarin, pak (3) Angga (4) ditugasi untuk mengawas MTs Raudiatul Muta’allimin yang
berada di desa (5) Cikoneng. (6)
Penggunaan
huruf capital yang tidak tepat dalam kalimat tersebut terdapat pada kalimat
nomor…
A. 1,2,
dan 3. C. 2,3, dan
5.
B. 2,4, dan 6. D. 1,3, dan 5.
Bacalah puisi berikut dengan
cermat kemudian kerjakan soal nomor 7 dan 8!
Gadis
Peminta-Minta
Setiap kita bertemu, gadis kecil
berkaleng kecil
senyumu terlalu kekal untuk kenal
duka
tengadah padaku, pada bulan merah
jambu
tapi kotaku jadi hilang, tanpa
jiwa
Ingin aku ikut gadis kecil
berkaleng kecil
pulang ke bawah jembatan yang
melulur sosok
hidup dari kehidupan angan-angan
yang gemerlapan
gembira dari kemayaan riang
Duniamu lebih tinggi menara
katerdal
melintas-lintas di atas air
kotor, tapi yang begitu kau hafal
jiwa begitu murni, terlalu murni
untuk bisa membagi dukaku
kalau kaumati, gadis kecil
berkaleng kecil
bulan diatas itu, tak ada yang
punya
dan kotaku, oh kotaku
hidupnya tak lagi punya tanda
(Toto Sudarto Bachtiar)
7.
Tema puisi tersebut adalah…
A. pengutukan seseorang terhadap
ketidak adilan.
B. ketidakberdayaan dalam
menerima cobaan.
C. penyesalan seseorang terhadap
nasibnya.
D.
ketersentuhan hati melihat penderitaan orang.
8.
Suasana yang sesuai dengan puisi tersebut adalah…
A. pilu. C. haru.
B.
was-was. D. duka.
Cermati kutipan cerpen berikut dengan
baik, kemudian kerjakan soal nomor 9 dan 10!
Kendatipun
aku sudah bisa hidup di atas kaki sendiri, sebagai anak aku harus mengingat
orang tuaku. Meskipun ayahku sangat kejam kepadaku, aku tidak boleh melupakan
mereka. Aku rindu sekali kepada ibu, ayah, dan ketiga orang adikku. Bagaimana
keadaan mereka sekarang? Apakah ayahku masih sering marah? Aku sering bertanya
pada diriku sendiri. Aku dapat membayangkan tentu uban sudah banyak tumbuh di
kepala ayahku, sedangkan aku sendiri sudah berkumis dan berjenggot.
9. Bukti watak tokoh ayah yang kejam terdapat pada kalimat…
A. ke-7. C. ke-2.
B.
ke-4. D. ke-1.
10.
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh ayah adalah dengan melalui…
A. dijelaskan langsung oleh
pengarang.
B. dialog antartokoh.
C. tindakan tokoh tersebut.
D. penjelasan tokoh lain.
SELAMAT MENCOBA :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar