+ -

Pages

Minggu, 28 September 2014

Apa sih perbedaan Tahu sama Tempe

buat anda yang masih pada bingung apa sih bedanya Tahu sama Tempe itu,nah saya akan kasih tahu tentang informasinya biar gak bingung :D

Tahu
Tahu ialah makanan yang dibuat dari endapan sari biji kedelai yang difermentasikan. makanan ini berasal dari Cina, kata "tahu" berasal dari bahasa Hokian "tauhu" yang berarti "kedelai terfermentasi". tahu telah dikenal di Tiongkok dizaman dinasti Han sekitar 2000 tahun yang lalu.
tahu telang mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian jenis tahu serta makanan yang berbahan dasar tahu. tampilan tahu yang populer di Indonesia ialah kulit luarnya berwarna kuning maupun putih.
 
Jenis-Jenis Tahu yang terknenal di Indonesia
1. Tahu Kuning
 

Dari warnanya saja sudah kelihatan kalau tahu ini bewarna kuning. Warna kuning ini berasal dari kunyit. Tahu ini sudah banyak beredar di pasar-pasar. Jika anda ingin memilih jenis tahu ini untuk dimasak pastikan bahwa warna tahu ini bukan berasal dari pewarna makanan melainkan berasal dari kunyit. Ciri-cirinya adalah warna kuning ke oranye, tidak cerah dan beraroma kunyit. Jika ingin mengolah tahu ini perlu diperhatikan pula dari teksturnya, jika teksturnya keras dan padat maka jangan diolah dengan teknik di goreng karena tahu dapat semakin liat dan keras. Jika sebaliknya, tahu tersebut dapat diolah dengan teknik apa saja.
                                           
2. Tahu Sumedang

Tahu sumedang merupakan tahu yang berasal dari Sumedang,Jawa barat. Tahu jenis ini jika masih mentah teksturnya seperti tahu putih biasanya namun jika tahu ini sudah digoreng tekstur tahu ini akan keriting.
 

3. Tahu Pong

Tahu ini disebut tahu pong karena jika digoreng tahu ini akan mengembang dan bagian tengahnya berongga atau dalam bahasa jawa disebut “kopong”, baru setelah di dinginkan tahu ini pun akan menyusut.
Pembuatan tahu ini pun khusus sehingga tahu dapat berongga dan ringan saat digoreng. Tahu ini paling nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat dan dicocol dengan aneka sambel ataupun dengan lalapan cabe rawit.

 

Tempe
tempe merupakan makanan yang berasal dari fermentasi biji kedelai. fermentasi biji kedelai menjadi tempe ini dikenal dengan sebutan "ragi tempe"
tempe banyak dikonsumsi di Indonesia tetapi sekarang tempe telah mendunia. vegetarian di seluruh dunia telah mengkonsumsi tempe sebagai pengganti daging. 
 
5 My Knowledge: Apa sih perbedaan Tahu sama Tempe buat anda yang masih pada bingung apa sih bedanya Tahu sama Tempe itu,nah saya akan kasih tahu tentang informasinya biar gak bingung :D Ta...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >