+ -

Pages

Senin, 27 Oktober 2014

40 soal PKN kelas IX



1.      Negara adalah kekuasaan manusia untuk menindas kelas atau kelompok manusia lainnya merupakandefinisi negara dari…
.           a. Harold J. Laski b. Karl Marx c. Max Weber d. George Jellinek2.

2.      Orang yang berada di wilayah suatu negara tetapi tidak bermaksud bertempat tinggal sebagaipenduduk yang sah disebut..
.a. bukan rakyat b. bukan penduduk c. bukan warga negara d. orang asing.

3.      Hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam upaya pembelaan negara disebut..
.a. hak milisi b. hak bela negara c. hak asasi manusia d. hak naturalisasi4.

4.      Perhatikan unsur-unsu negara di bawah ini!1)

Rakyat 2)

Wilayah3)

Pemerintah yang berdaulat 4)

Pengakuan dari negara lainUnsur pokok berdirinya sebuah negara ditunjukkan dengan nomor
.a. 1,3             b. 2,4               c. 1, 2, 3          d. 45.

5.      Perilaku siswa yang menunjukkan upaya membela negara adalah..
a. mengikuti kegiatan karang taruna
c. belajar dengan giat
b. mengenakan seragam sekolah
d. mengikuti partai politik6.

6.      Pengertian upaya pembelaan negara, adalah..
.a. pengetahuan warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
b. pemahaman warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
c. sikap dan hasrat warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila danUUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
d. sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila danUUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.7.

7.      Berikut ini merupakan alasan tentang pentingnya upaya pembelaan negara dilakukan oleh setiapwarga negara Indonesia, kecuali ...
a. untuk menjaga keutuhan wilayah negara.
b. untuk mempertahankan Negara dari berbagai ancaman.
c. merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara.d. merupakan kegiatan untuk memperoleh kehormatan dari negara.8.

8.      Jika ada pihak-pihak tertentu yang mengancam keutuhan negara RI, maka tindakan kita sebagaiwarga negara adalah...
a. Memblokir serangan mereka.
b. Memberitahukan kepada pihak berwajibb.
c. Menghancurkan perkumpulan mereka
d. Mengintai gerak gerik mereka.9.

9.      Peran serta masyarakat dalam pembelaan negara dapat dilihat dari...
a.Gotong-royong dalam pembangunan lingkungannya
b.Besarnya sumbangan untuk bangsa dan negara
c.Bersedia menjadi linmas
d.Siap bertempur mengusir musuh..

10.  Fungsi negara yang terutama berkaitan langsung untuk mewujudkan tujuan NKRI melindungi segenapbangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia adalah...
a. pertahanan. c. keadilan.b. kebebasan. d. kesejahteraan dan kemakmuran.

11.  Berikut ini merupakan dasar hukum kewajiban membela Negara bagi setiap warga negara, kecuali ...
a. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945.b. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945.c. UU RI No. 3 Tahun 2002.d. UU RI No. 20 Tahun 2003.
https://html1-f.scribdassets.com/3v79byuudcrwvys/images/1-77d3c572da.jpg
 
12.  Berikut ini, merupakan ancaman terhadap kehidupan bangsa dan negara yang pelakunya bukannegara (ancaman bersifat non tradisional), kecuali...
a. agresi militer c. penangkapan ikan secarailegal.b. penyelundupan. d. perdagangan narkotika dan obat terlarang.

13.  Bentuk penyelenggaraan keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara bagi para siswaterutama melalui...
a. Pendidikan Kewarganegaraan.b. Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.c. Pengabdian sebagai TNI secara sukarela atau wajib.d. Pengabdian sesuai dengan profesi.14.

14.  Para Nelayan dan Petani dengan menyediakan pangan nasional, para medis menjaga kesehatanmasyarakat, Tim SAR dan PMI melakukan kegiatan dalam menanggulangi bencana alam dankemanusiaan, yang mereka lakukan merupakan upaya pembelaan negara melalui ...a. Pendidikan Kewarganegaraan.b. Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.c. Pengabdian sebagai TNI secara sukarela atau wajib.d. Pengabdian sesuai dengan profesi.15.

15.  Berikut ini merupakan perbuatan yang nyata dapat dilakukan para siswa dalam upaya pembelaannegara di lingkungan masingmasing, kecuali ...a. menjaga lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat agar tetap bersih dan sehat.b. tidak menjadi pengguna narkotik dan obat terlarang serta melapor ke pihak guru atau aparat keamanan apabila melihat adanya penjualan atau pemakainya.c. membela teman satu sekolah yang diserang oleh sekolah lain dengan cara ikut perkelaian sebagaiwujud kesetiakawanan.d. tidak menonton tayangan TV yang berupa sadisme, sronok, dan situs internet porno dan bacaanlain yang tidak bermoral.

16.  Cinta bangsa (nasionalisme) yang merupakan perwujudan upaya pembelaan negara antara laincontohnya ....a. mengutamakan penggunaan barang barang produk dalam negeri karena dapat menggerakanroda perekonomian .b. lebih baik membeli barang luar negeri daripada membuat sendiri karena ongkosnya lebih mahal.c. menganggap derajat bangsanya yang paling unggul sedangkan derajat bangsa lain rendah.d. lebih baik mengasingkan diri dari bangsa lain daripada meniru meniru bangsa lain.17.

17.  Organisasi keselamatan masyarakat yang berfungsi untuk menanggulangi bencana perang, bencanaalam dan memperkecil akibat malapetaka yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta adalah ...a. Linmas b. Wanra c. Kamra d. Hansip18.

18.  Kebijakan otonomi daerah dilatarbelakangi oleh ...a. Pemerintah pusat tidak lagi dibebani memberikan anggaran kepada daerahb. Daerah-daerah lebih kretaif dalam mengembangkan sumber dayanyac. Terjadinya proses pemindahan kekuasaan dari pusat ke daerahd. Putera-putera daerah dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerahnya19.

19.  Undang-Undang yang mengatur tentang pemerintahan daerah adalah ...a. Undang-Undang RI no. 20 tahun 2004 c. Undang-Undang RI no. 32 tahun 2004b. Undang-Undang RI no. 21 tahun 2004 d. Undang-Undang RI no. 33 tahun 200420.

20.  Undang-Undang yang mengatur tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerahadalah ...a. UU No. 20 tahun 2004 c. UU No. 32 tahun 2004b. UU No. 21 tahun 2004 d. UU No. 33 tahun 200421.

21.  Pelaksanaan otonomi daerah berpusat di daerah ...a. Propinsi b. Kabupaten/Kota c. Kota Administratif d. Desa22.

22.  Komponen-komponen pemerintah pusat adalah ...a. Presiden, menteri dan gubernurb. Presiden,DPR dan menteric. Presiden,dan para menterid. Presiden, ketua DPR,dan Ketua mahkamah Agung23.

23.  Penyerahan wewenang oleh Pemerintah kepada daerah otonom dalam kerangka Negara KesatuanRepublik Indonesia dinamakan ...a. Desentralisasi b. Dekonsentrasi c. Tugas pembantuan d. Otonomi daerah24.

24.  Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atauperangkat pusat di daerah dinamakan ...a. Desentralisasi c. Tugas pembantuanb. Dekonsentrasi d. Otonomi daerah
 
25.

25.  Kesatuan masyarakat yang mempunyai batas daerah tertentu dan berwenang mengatur danmengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasimasyarakat dalam ikatan negara kesatuan Republik Indonesia dinamakan ...a. Gubernur b. Walikota c. Bupati d. DPRD II26.

26.  Pemekaran suatu wilaya di kabupaten/kota menjadi wewenang .a. Kepala Daerah dan DPRD c. anggota golongan tertentub. anggota partai politik d. para kepala desa27.

27.  Salah satu pertimbangan dibentuknya suatu daerah adalah .a. luas daerah b. keinginan daerah c. anjuran pemerintah d. persetujuan DPRD28.

28.  Perangkat departemen dan/atau lembaga pemerintah nondepartemen di daerah dinamakan ...a. Instansi berwenang b. Instansi horizontal c. Instansi departemen d. Instansi vertikal29.

29.  Pemerintah terendah dalam struktur ketatanegaraan Republik Indonesia dinamakan ...a. RT b. Desa c. RW d. Kecamatan30.

30.  Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan jenis-jenis desentralisasisebagaimana dikemukakan oleh Sadu?a. Desentrasisasi politik c. Desentralisasi administrasib. Desentarlisasi ekonomi d. Desentralisasi hukum31.

31.  Pengelolaan pendidikan diserahkan kepada daerah tujuannya adalah .a. lebih berdaya guna dan berhasil guna c. memungut uang bisa leluasab. pemerataan pendidikan d. mencetak buku pelajaran sendiri32.

32.  Bidang-bidang yang masih menjadi kewenangan pemerintah pusat adalah, kecuali :a. Politik b. Agama c. Sosial budaya d. Keuangan33.

33.  Badan eksekutif di daerah kabupaten adalah ....a. Gubernur b. Bupati c. Walikota d. DPRD Kabupaten34.

34.  Badan eksekutif di daerah kota adalah ...a. Gubernur b. Bupati c. Walikota d. DPRD II35.

35.  Badan legislatif di kabupaten adalah ...a. Gubernur b. Bupati c. Walikota d. DPRD II36.

36.  Bidang pemerintahan yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah, meliputi, kecuali :a. Pekerjaan umum b. Kesehatan c. Pendidikan d. Fiskal37.

37.  Kedudukan DPRD terhadap pemerintah daerah adalah ...a. Sejajar b. Lebih tinggi c. Lebih rendah d. Lembaga otonom38.

38.  Kepala Daerah dan DPRD harus bekerjasama dalam menetapkan ...a. Kepala daerah c. Keputusan daerahb. Peraturan daerah d. Pengangkatan pejabat daerah39.

39.  Jabatan kepala daerah dalam satu periodenya ...a. 4 tahun b. 5 tahun c. 6 tahun d. 10 tahun40.

40.  Keuangan daerah yang diperoleh dari Pajak Bumi dan Bangunan harus disetorkan ke pemerintahpusat sebesar ...a. 10% b. 20% c. 80% d.
5 My Knowledge: 40 soal PKN kelas IX 1.       Negara adalah kekuasaan manusia untuk menindas kelas atau kelompok manusia lainnya merupakandefinisi negara dari… .         ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >