+ -

Pages

Sabtu, 21 Maret 2015

manfaat jeruk nipis

40 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Rambut, dan Diet

Manfaat jeruk nipis untuk merawat kulit wajah dan mengecilkan perut (diet) telah banyak membantu orang. Anda bisa merasakan khasiat dari buah jeruk nipis apabila tahu kalau di dalamnya banyak sekali kandungan senyawa bervitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.
Jeruk nipis atau jeruk limau atau secara salah kaprah ada yang mengatakan lemon ini merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti memasak yang dijadikan bumbu penyedap atau pemasam kuah, perawatan kulit yang bermasalah, membantu menurunkan berat badan, dan yang pasti menunjang kesehatan tubuh secara maksimal dari dalam.
Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia dibandingkan jenis jeruk lain. Kandungan jeruk nipis lain misalnya vitamin C, karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, dan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Terdapat pula kandungan asam sitrat yang menciptakan rasa asam.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat jeruk nipis
(c) Wallpapers Wide
Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh:
1. Meningkatkan kemampuan imun saat cuaca ekstrim
Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.
2. Menyeimbangkan pH Balance tubuh
pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dala tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.
Normalnya, tubuh yang seimbang membutuhkan 80% alkali dan sisanya yakni 20% asam (acid) agar tetap stabil di segala cuaca. Namun, kebanyakan kita malah terbalik dalam pemenuhannya. Banyak makanan yang justru memicu peningkatan asam seperti nasi, es krim, cendol, daging, kopi, gula, dan roti yang banyak kita konsumsi.
Sementara makanan (sayur atau buah) yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti jeruk nipis malah kita jauhi atau jarang dikonsumsi. Mungkin Anda bingung kenapa jeruk nipis termasuk makanan beralkali. Alasannya, meski rasanya asam, jeruk nipis mengandung acid citric yang bagus untuk dikonsumsi karena memberikan alkali cukup yang nantinya akan menyeimbangkan jumlah asam dalam tubuh.
3. Memperbaiki kesalahan saluran cerna
Penyakit ringan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan jeruk nipis hangat. Kebiasaan ini akan membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaganya tetap stabil.
4. Melarutkan asam urat
Jeruk nipis mampu melarutkan asam urat secara alami sehingga sering disebut sebagai obat asam urat herbal. Kehadiran asam sitrat-lah yang berkontribusi di sini. Jika Anda bermasalah dengan asam urat, setiap pagi dan sore hari minumlah segelas air perasan jeruk nipis untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan.
Selain asam urat, jus atau air perasan jeruk nipis secara bersamaan juga efektif melakukan aktivitas detoksifikasi. Semua racun berbahaya yang terakulumasi di dalam tubuh akan dikeluarkan, alhasil tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
5. Mengobati masalah lambung seperti maag
Di Amerika, banyak dokter yang menganjurkan penderita maag untuk melakukan pengobatan herbal ringan dengan konsumsi jeruk lemon sebagai obat komplementer maag yang banyak membuktikan hasil baik dari segerombol penderita.
Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa lihat tahap-tahapannya berikut:
  1. Siapkan sebutir buah jeruk lemon.
  2. Peras jeruknya dan campurkan air perasannya dengan sedikit air putih.
  3. Minum campuran ini sebelum makan.
  4. Setelah minum ramuan penyembuh maag alami ini, Anda dianjurkan untuk makan tak lama sesudahnya.
6. Meningkatkan daya penglihatan
Kandungan antioksidan berupa vitamin C di dalam jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi, dan penuaan. Sedangkan flavonoid-nya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi. Fungsi lain dari jeruk nipis adalah obat sakit kepala akibat ketegangan mata, caranya dengan meminum air perasan jeruk. 
7. Mencegah kanker
Jeruk nipis merupakan agen anti kanker yang dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, lambung, dan usus besar. Kemampuan dalam menumpas sel kanker tersebut ada karena kandungan liminoid dalam jeruk nipis yang juga berperan ketika menangkal radikal bebas dari dalam tubuh seperti aktivitas teh hijau.
8. Membunuh cacing dalam usus
Usus yang dijadikan hunian oleh cacing akan bermasalah. Anda bisa membunuh sekaligus mengeluarkan cacing dengan cara membiarkannya berkelahi dengan campuran air jeruk nipis dan air kelapa muda. Dalam sehari Anda bisa mengonsumsi 3 kali pada jeda waktu yang sama dari pagi hingga malam.
9. Membunuh bakteri
Manfaat jeruk nipis selain membunuh cacing adalah membasmi bakteri yang memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jenis penyakit yang bakteri penyebabnya mampu diatasi oleh jeruk nipis adalah malaria, kolera, tipes, dan difteri. 
10. Menguatkan pembuluh darah
Sebagai buah yang kaya akan vitamin C membuat jeruk nipis memiliki daya desinfektan dan anti-toksin yang kuat terhadap racun mikroba. Vitamin C juga membantu memperkuat pembuluh darah agar tidak mudah rapuh atau patah sehingga menyebabkan pendarahan kecil.
Apabila kulit Anda tergores pisau dengan luka yang kecil, segera sembuhkan dengan mengusapkan daging buah jeruk nipis pada permukaan kulit yang terkena mata pisau selama beberapa menit. Secara bertahap semua kandungan dalam jeruk nipis akan bekerja sama untuk membersihkan luka akibat pisau. Pengobatan ini juga berlaku untuk kudis, hanya saja Anda membutuhkan bantuan bawang putih untuk melengkapi.
11. Membantu pengobatan hipertensi
Sebagai penyuplai kalium sudah pasti akan memberikan dampak positif pada tubuh, seperti misalnya menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Buah ini secara langsung juga menampilkan keahliannya dalam mengurus penyakit kardiovaskulas dengan mengaktifkan sirkulasi darah, serta penyakit diabetes.
12. Menyehatkan ginjal
Pernah Anda mendengar bahwa banyak minum akan menyehatkan ginjal?
Secara umum mungkin benar, tetapi tidak semua jenis minuman cocok untuk membuat ginjal sehat. Para pakar sudah memberi rekomendasi minuman yang terbukti secara empiris menyehatkan serta mengobati permasalahan terkait dengan organ ginjal.
Salah satunya yakni air perasan jeruk nipis. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Jika dibiarkan terjadi, maka akan timbul dampak buruk seperti terbentuknya batu ginjal.
Pada suatu kasus di salah satu RS yang berada di Amerika Serikat, banyak pasien batu ginjal yang dilarikan ke ruang gawat darurat. Satu dari 10 orang menderita batu ginjal yang kronis. Dokter memberinya saran untuk membiasakan minum air perasan lemon atau jeruk nipis setidaknya tiga kali.
13. Menurunkan berat badan
Manfaat jeruk nipis untuk diet (menurunkan berat badan) sudah terbukti sejak lama. Pemerhati diet sering menyarankan penggiat diet agar mengawali hari dengan minum secangkir air jeruk nipis hangat. Kandungan serat pangannya dapat membantu menurunkan berat badan.
14. Cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita menopause
Dua masa yang pasti dialami oleh wanita tersebut terkadang membuat banyak wanita lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi memang diperlukan ketika hamil dan menopause. Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi berupa kalsium dan folat dengan konsumsi jeruk nipis segar yang setidaknya menyimpan 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.
5 My Knowledge: manfaat jeruk nipis 40 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Rambut, dan Diet Manfaat jeruk nipis untuk merawat kulit wajah dan mengecilkan perut (diet) tela...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >